kumpulan soal akuntansi

Oktober 12, 2006

Pengusaha AS Tanyakan Masalah Pajak

Filed under: Berita Perpajakan — Dian Arief Wahyudi @ 12:32 am

News

Kompas, 10-Oktober-2006

Pengusaha AS Tanyakan Masalah Pajak

Jakarta, Kompas – Sekitar 50 pengusaha Amerika Serikat yang tergabung dalam Lembaga Bisnis Amerika Serikat- ASEAN mempertanyakan hambatan perpajakan yang masih mengganjal upaya perbaikan iklim investasi di Indonesia.

Jakarta, Kompas – Sekitar 50 pengusaha Amerika Serikat yang tergabung dalam Lembaga Bisnis Amerika Serikat- ASEAN mempertanyakan hambatan perpajakan yang masih mengganjal upaya perbaikan iklim investasi di Indonesia.

Keluhan atas perpajakan disebabkan mekanisme pengurusan pajak yang masih rumit. Menteri Koordinator Perekonomian Boediono mengungkapkan hal tersebut seusai menerima kunjungan pengusaha AS yang dipimpin Presiden US-ASEAN Council Matthew P Daley di Jakarta, Senin (9/10).

Menurut Boediono, keluhan terhadap masalah perpajakan disampaikan bersamaan dengan berbagai keluhan lain, di antara nya masalah perizinan.

Menanggapi keluhan itu, Boediono mengatakan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya perbaikan secara bertahap.

“Minat investor Amerika cukup tinggi, terbukti mereka akan kembali ke Indonesia pada Januari mendatang. Minat juga terlihat dari jumlah delegasi yang bertambah dan dengan sektor yang lebih banyak,” katanya.

Belum berkomitmen

Para pengusaha itu, ujar Boediono, belum menyampaikan komitmen usaha sebab masih mencoba melihat sektor usaha yang paling tepat untuk dimasuki.

“Salah satu sektor usaha yang paling diminati adalah bidang perminyakan dan otomotif,” katanya.

Badan Pusat Statitistik (BPS) menyebutkan, ekspor Indonesia ke AS pada Januari-Agustus 2006 sebesar 7,1 miliar dollar AS atau meningkat sekitar 900 juta dollar AS dibandingkan periode yang sama tahun 2005 yang sebesar 6,2 miliar dollar AS.

Sementara itu, impor dari AS periode Januari-Agustus 2006 sebesar 2,82 miliar dollar AS atau meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 2,56 miliar dollar AS.

Matthew P Daley mengatakan, masalah perpajakan yang paling menonjol adalah penetapan nilai Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) di sektor otomotif. Para pengusaha AS menyarankan agar Pemerintah Indonesia menetapkan PPnBM didasarkan pada nilai kendaraannya, bukan dari tipe body dan mesinnya.

Sebagai tindak lanjut kunjungan Wapres Jusuf Kalla ke AS, ujar Matthew, pekan ini telah datang delegasi bisnis dari AS yang akan menawarkan pembuatan pabrik di Indonesia. (OIN)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: